You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan JANGKARAN
Kalurahan JANGKARAN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

PROFIL KESEHATAN PADUKUHAN PASIR MENDIT

Admin Kalurahan 12 Agustus 2022 Dibaca 963 Kali

Sarana Kesehatan

Di wilayah Padukuhan Pasir Mendit, masyarakat memanfaatkan 4 fasilitas kesehatan yaitu: Puskesmas, Bidan Praktik, Praktik Dokter, dan Rumah Sakit. Jarak ke Puskesmas Temon II 4 Km, ke klinik/praktik dokter 3 Km, Bidan Praktek 2,5 Km dan ke Rumah Sakit Rizky Amalia kurang lebih 7 Km. Sebagian besar warga memanfaatkan praktek dokter karena waktunya lebih fleksibel dan jaraknya yang lebih dekat. Selain itu di Padukuhan Pasir Mendit juga terdapat Posyandu yang dilaksanakan sebulan sekali setiap tanggal 11. Posyandu ini melakukan pelayanan pada Balita dan Lansia

penggunaan fasilitas kesehatan

Pembiayaan Kesehatan

Dalam pembiayaan kesehatan 78% warga Padukuhan Pasir Mendit mempunyai asuransi kesehatan/ BPJS. BPJS ini ada yang mandiri dan dari pemerintah.

kepemilikan asuransi kesehatan

Kesehatan Masyarakat

  1. Ibu Hamil

Pada survei periode ini terdapat 1 ibu hamil di Padukuhan Pasir Mendit rutin memeriksakan kehamilan di Bidan.

  1. Balita

Jumlah balita (usia 0-5 tahun) di Padukuhan Pasir Mendit sebanyak 3 Úri total penduduk.

  1. Lansia

Lansia di Padukuhan Pasir Mendit terdiri dari dua kategori, yaitu pra lansia dan lansia. Untuk Pra Lansia sebanyak 7%, sedangkan Lansia 11 Úri total penduduk. Para Lansia sebagian besar memanfaatkan layanan posyandu lansia.

  1. Akseptor KB

Jumlah akseptor KB sebanyak 19 orang yang tersebar di 3 RT. Akseptor KB terbanyak berada di RT 25 sebanyak 9 orang. 

Kesehatan 

Dalam survei lingkungan, semua perumahan warga sudah memiliki jamban dan kamar mandi sendiri. Sumber air bersih dengan sumur.  Untuk pengelolaan sampah, sebagian besar warga masih menggunakan metode pembakaran. Belum ada pemilahan sampah, dan belum ada tempat pengelolaan sampah terpadu.

Penyakit Menular dan Tidak Menular

Dalam survei kali ini tidak ditemukan adanya warga yang menderita penyakit menular. Sebanyak 10 Úri warga Padukuhan Pasir Mendit menderita peyakit kronis. Jenis penyakit diantaranya Diabetes, Hipertensi, Asma, Jantung, Stroke, Gangguan Tiroid, dan Osteoporosis. Dari jumlah tersebut ada yang melakukan pengobatan rutin di fasilitas kesehatan (Puskesmas dan Praktek Dokter) dan ada yang tidak.

distribusi penyakit kondisi kesehatan

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image